Senin, 28 Desember 2009

Tentang Bayam

Tentang Bayam

Mungkin banyak orang bingung ketika memilih sayuran berwarna hijau apa aja sie kandungannya di dalam sayuran hijau itu, kadang-kadang konsumen juga ingin mencari masakan yang murah, tapi banyak kandungan nustrisinya dan manfaat didalam sayuranan itu. Nah,,, dari pada repot,, sekarang kita bahas sayuran Bayam, walapun banyak jenisnya, namun bayam memiliki manfaat yang banyak dan biasa juga untuk obat .

Daun bayam kaya dengan nutrisi, salah satunya adalah zat besi yang diperlukan tubuh untuk merangsang pembentukan sel-sel darah merah. Menyantap sayur bayam sama artinya dengan melindungi diri dari gejala-gejala penyakit kurang darah yang membuat tubuh menjadi lemas/loyo.

Pokok bayam merah adalah dari tumbuhan keluarga Amaranthacea. Nama saintifiknya adalah Amaranthacea Gangeticus. Nama Inggrisnya adalah Red Spinach. Ia adalah pokok berbunga tahunan yang mempunyai bunga ungu gelap.

Bayam berasal dari Amerika tropik. Hingga sekarang, tumbuhan ini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia. Di Indonesia, bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5 - 2 m dpl, tumbuh didaerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas.

Bayam yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran dikenal dengan bayam cabutan (bayam sekul) terdapat 3 varietas bayam yang termasuk kedalam Amaranthustricolor, yaitu :

1. Bayam hijau biasa, bayam merah (blitum rubum) yang berwarna hijau keputih - putihan.
2. Daun dan batang bayam merah mengandung cairan warna merah. Selain A. Tricolor terdapat bayam jenis lain.
3. Bayam kakap (A. Hybridus) bayam duri (A. Spinosus) dan bayam kotok / bayam tanah (A Blitum). Jenis bayam yang sering dibudidayakan adalah A. Tricocor dan A. Hybridus sedangkan jenis bayam lainnya tumbuh liar.

Panen bayam cabut paling lama dilakukan selama 25 hari. Setelah itu kualitasnya akan menurun karena daunnya menjadi kaku. Bayam dapat disayur bening, dibuat gado - gado, pecal atau direbus untuk lalap. Kadang - kadang, daun bayam yang muda dan lebar digunakan pula sebagai bahan rempeyek.

Bayan kaya lutein dan Zeaxanthin, kraotenoid yamg membersihkan molekul-molekul tidak setabil yang disebutvradikal-radikal bebas dari tubuh sebelum merusak tubuh , lutein dan zeaxanthin ditemukan didalam bayam dan sayuran daun hijau tua lainnya. Beberapa studi menunjukkan, sayuran ini dapat mencegah kanker mulut, esophangus, dan perut. Sebuah studi NIH/AARP terhadap lebih dari 490.000 orang menemukan yang makan lebih banyak bayam berkemungkinan lebih kecil. Mengembangkan kanker esophageal beberapa studi menunujkan risiko kanker ovarium, endometrial , paru, dan kanker colorectal juga.

Tambahan folate dan serat yang menurut para ahli dapat menurunkan risiko kanker tertentu dan anda akan mendapatkan nutrisional didalam setiap sayuran daun hijau tua. Folate membantu tubuh memeproduksi sel-sel baru dan memperbaiki DNA, terutama penting untuk perempuan usia subur karena dapat mencegah neural tube defect pada janin yang sedang tumbuh. Anda akan mendapatkan paling banyak lutein dari bayam mrntah atau dimasak sebentar.

Menurut beberapa penelitian, wanita penderita kanker serviks (mulut rahim) kadar asam folat dalam darahnya rendah. Dengan suplementasi asam folat, peubahan abnormal sel-sel mulut rahim, yang dapat menyebabkan kanker mulut rahim dapat dicegah. Asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau (brokoli, bayam, asparagus), biji-bijian, hati, kacang polong, buncis.

Kalsium (Ca) sebagai salah satu golongan mineral yaang berperan dalam proses perkembangbiakan sel pada lapisan mukosa kolon manusia, karena masuknya kalsium yang cukup tinggi dapat mengurangi resiko terkena kanker kolon. Kalsium banyak terdapat pada susu, yoghurt, keju, bayam dan brokoli.

Penelitian yang pernah dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan, kekurangan magnesium (Mg) pada diet hewan percobaan dapat meningkatkan perkembangan terjadinya kanker tenggorongan dan kanker kulit luar.

Bayam digunakan untuk membantu melancarkan proses buang air besar karena kandungan seratnya cukup banyak. Makanan berserat seperti bayam, baik bagi penderita kanker usus besar, kencing manis, koleterol tinggi dan untuk menurunkan berat badan. Kegunaan bayam merah antara lain :

Dapat meningkatkan kerja ginjal dan bisa bersihkan darah sehabis bersalin.
Jika Anda ingin meningkatkan kerja ginjal, membersihkan darah sehabis bersalin maka konsumsilah bayam dalam bentuk sayur bening.

Anemia.
Cuci 2 genggam daun bayam merah, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm air jeruk nipis lalu saring. Kemudian tambahkan 1 sdm madu dan sebutir telur ayam kampung, aduk hingga rata. Minumlah ramuan ini 1 kali sehari selama seminggu. Selanjutnya pengobatan dapat dilakukan
2 x seminggu hingga penyakit sembuh.

Disentri. Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh dan aduk rata lalu saring. Minumlah air saringan tersebut sekaligus.

Mempekuat Akar Rambut.
Cuci bersih seikat bayam segar, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan garam seujung sendok teh sambil diaduk rata, selanjutnya peras dan saring. Lalu minumlah sekaligus, lakukanlah hal demikian 2 - 3 kali seminggu.

Nah itulah manfaat dan kandungan yang diberikan Bayam, walapun murah untuk konsumen tapi banyak manfaatnya yang diberikan oleh bayam. Ber nustrisi dan banyak kandungannya itu tidak mestih mahal kan,, !!!!!!


sumber : google dan majalah Aura



Tidak ada komentar:

Posting Komentar